Mahasiswa KKN Kebangsaan Gelar Khataman  Al-Quran


Mahasiswa KKN bersama anak-anak TPA-TPQ Nurul Iman. (Dok. Ist)

Basarang – Kelompok mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X yang berlokasi di Desa Batuah, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah selenggarakan khataman Al-Qur’an di TKA-TPA Nurul Iman, Minggu (7/8/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi dan memberikan apreasi kepada anak-anak TPA yang sudah khatam Al-Qur’an. Di samping itu, khataman ini sebagai rasa syukur kepada Allah SWT.

Salah satu mahasiswa KKN M Hery Adam mengungkapkan rasa senang dan syukur atas terselenggaranya kegiatan ini. “Alhamdulillah kegiatan ini disambut meriah dan antusias dari orang tua. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk anak-anak, orang tua, dan masyarakat sekitar” ujarnya

Guru ngaji di TPQ tersebut, Ustadzah Lili menjelaskan, keterbatasan yang ada di desa tidak menyurutnya semangat anak-anak untuk mengaji. “Meski ada kendala seperti akses jalan untuk berangkat ngaji, namun alhamdulilah masih ada yang mau mengaji. Semoga dengan ada yang khatam ini dapat memberikan hal positif dan memotivasi untuk kemajuan pendidikan agama,” ungkapnya.

Hal ini senada dengan ungkapan Ketua Rt 05 Desa Batuah Mardian. “Pendidikan agama harus terus bersinar di manapun tempatnya. Walaupun berada di tempat yang jauh dari perkotaan, tapi sinar cahaya terus dipancarkan jangan sampai padam,” katanya.

Mahasiswa KKN bersama anak-anak TPA-TPQ Nurul Iman dan orang tua. (Dok. Ist)

Menurut Mardian, kehadiran mahasiswa KKN sangat membantu sekali. “Mahasiswa mau ikut berkontribusi dengan masyarakat di sini, mengajarkan anak-anak kami dengan sabar dan mau lelah karena mengingat jalan ke sini yang lumayan jauh,” tambahnya.

Penulis : Arif Afianto
Editor : Novrizal Fahmi